Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

 Tanggal pertemuan: 21 Februari 2022

Resume ke    : 16
Tema    Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis
Moderator      : Muliadi
Narasumber   : Yulius Roma Patandean, S .Pd.
Gelombang    : 23


Malam itu bersamaan dengan hujan dan tembakan petir saya menyimak, akhirnya harus pasrah juga karena hujan dan petir tidak bisa bersahabat dengan saya, diganggu dengan jaringan lagi, akhirnya hari ini baru bisa resume di sekolah, karena berhubung ada WiFi heheh. Moderator dengan narasumber wow begitu elegannya dalam memaparkannya, yaitu bapak Muliadi dan narasumbernya yaitu bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd.  seorang guru yang meraih berbagai macam predikat 👉 bisa dilihat selengkapnya di sini. https://romadean.blogspot.com/2021/01/profil.html

LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS

Untuk menyelesaikan tulisan, maka harus memiliki prinsip CLBK,  Wah sangat keren bukan yaitu mengingatku pada masa CLBK (cinta lama. Bersemi kembali) hehehe kan jadi semangat gitu telah tumbuh bunga dihati🌸

 Inilah prinsip-prinsipnya:

1. COBA yaitu dalam suatu ilmu pendidikan yang saya pelajari bahwa coba itu adalah pendidikan, tanpa dicoba tidak akan didapat ilmu. Seperti itulah mencoba dalam menulis, dengan mencoba menulis akan merasakan manis, pahit, asin, kecewa, bahagia dikala telah mencobanya.

2. LAKUKAN yaitu jika kami telah mencoba, maka segeralah melakukan, keluarkam jurusmu dalam menulis, keluarkan ide-idemu sehingga rasa penasaranmu akan hilang dan menjadi semangat buat menulis.

3. BUDAYA, jika kamu mampu membudayakan menulis maka ia akan menghasilkan sebuah karya, maka oleh itu jangan dipaksakan namun budayakan dengan selalu menulis maka ia akan menghasilkan karya-karya yang cemerlang.

4. KONSISTEN, yaitu itu sebuah ikatan yang sangat penting, tanpa adanya konsisten maka ia tidak akan menjaga tulisan kita dengan baik, maka oleh itu konsistenlah yang akan selalu memberi dampak positif, sehingga apa yang kita lakukan menghasilkan yang baik.

Ingat : untuk menghasilkan buku yang baik maka dibutuhkan sistematis dalam penyusunan
1. Daftar isi
2. Kutipan
3. Indeks
4. Daftar pustaka
5. Judul 
6. Sub judul

Maka dari itu perlu belajar dengan baik mungkin
https://youtu.be/eePQwyHAcjw

https://youtu.be/jXPr59aWJSc

 Insyallah akan menghasilkan karya yang berkualitas, banyak diminati oleh hati si pembaca🌸❤️

Mendayung syahdu
Saat hadirmu dikehidupanku
Tanpa terasa kau beri aku rumah kenyaman
Kau beri aku isi kasih sayang 
Kau jaga setiap hari cinta yang bersemi

Namun kini kau menghilang 
Kau lenyap dibentala ini
Kau pergi berlayar ke hati yang lain
Sungguh malang nasib yang ku rasakan
Jika kau jenuh kenapa kau tak mengatakan
Tanpa pamit itu menyakitkan 
Menunggu dalam ilusi yang tak bertepi
Mengharap impian yang ternyata semu
Kenapa kau hadir?
Hanya untuk memantapkan untuk yang lain
Kenapa kau beri setengah harapan?
Ternyata kau hanya beri mainan teka teki
Ternyata engkau lelaki ulung yang berpiawai dalam sandiwara

Namun aku harus berterima kasih kepadamu
Karena kau telah mengajariku
Bagaimana harus melihat muka orang yang tulus
Tanpamu aku masih kuat
Karena kau bahagian yang paling kecil dalam membentuk hatiku
Menjadi hati lapang dada
Tenang aku tak akan goyah
Tenang aku tak akan menyedihkan
Sebab itu aku menjadi orang yang hati-hati dalam memilih
Demi memantapkan hati
Menuju mahligai yang diridhai
Akan ku tunggu senja di ujung penantian
Hingga aku dipertemukan 
Disaksikan oleh segenap rasa yang siap bertuan.

Sdit assalam, 23 Feb 2022


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komitmen Menulis di Blog

Kiat Menulis Cerita Fiksi

Menjadi Penulis Buku Mayor